KANDIDAT PERUSAHAAN

10 Tips Membuat Surat lamaran Kerja yang Baik dan Benar Beserta Contoh

24 Maret 2021 20:03 2457 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 2 KALI DIBAGIKAN

Membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar tidaklah sulit. Surat lamaran kerja memang menjadi faktor terpenting dalam proses pencarian kerja. Surat lamaran kerja menjadi jembatan antara pelamar dan perusahaan yang dituju.

 

Dari sekian banyaknya lamaran yang masuk ke sebuah perusahaan, HRD biasanya akan memilih lamaran yang menarik dan juga sesuai dengan kriteria. Lalu bagaimana cara membuat surat lamaran yang baik dan benar namun juga menarik perhatian HRD?

 

Surat lamaran yang baik dan benar biasanya memiliki beberapa elemen yang tidak pernah ketinggalan. Misalnya bahasa yang baik dan benar, deskripsi yang lengkap mengenai skill pelamar, hingga format yang sesuai dengan permintaan.

 

10 Tips Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Agar bisa menghasilkan surat lamaran kerja yang baik dan benar, ada 10 hal yang penting untuk diperhatikan. Sepuluh tips ini bisa membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar semakin sempurna dan mampu lolos seleksi HRD.

 

1. Cantumkan tempat dan tanggal

Kebanyakan orang mungkin sudah mengetahui bahwa tempat dan tanggal wajib dicantumkan dalam surat lamaran kerja. Tanggal penting untuk dicantumkan demi menunjukkan kebaruan surat.

 

Tidak hanya tanggal surat, tanggal kamu mendapatkan informasi lowongan kerja juga penting untuk dicantumkan. Hal ini membantu HRD mengetahui lowongan mana yang kamu lamar, apakah yang terbaru atau tidak.

 

2. Cari informasi sebanyak-banyaknya 

Cari informasi mengenai perusahaan dan lowongan pekerjaan yang dituju. Di era kemajuan teknologi seperti sekarang, informasi ini bisa didapatkan di internet.

 

Kenali lebih dalam perusahaan yang dituju, dan pelajari apa yang sebenarnya dibutuhkan dari posisi pekerjaan yang dilamar. Dengan begitu, surat lamaran kerja nantinya bakal lebih personal namun juga profesional.

 

3. Gunakan kaidah EYD dan hindari typo

Dalam membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar, kamu perlu menggunakan kaidah bahasa yang baik dan benar pula. Hindari menggunakan bahasa yang informal.

 

Pastikan juga tidak ada typo, demi memberikan kesan profesionalitas dan ketelitian dari diri kamu. Gunakan bahasa yang sederhana namun tetap berlandaskan kaidah EYD.

 

4. Sesuaikan dengan permintaan

Sesuaikan format surat lamaran kerja dengan apa yang sudah diatur atau diminta dalam lowongan kerja. Misalnya, memberi keterangan tertentu pada subjek dan badan teks di email surat lamaran kerja.

 

5. Jelaskan kemampuan kamu

Surat lamaran kerja yang baik dan benar bisa menggambarkan siapa diri dan kemampuan kamu secara ringkas. Pastikan kamu menjelaskan apa-apa saja kelebihan yang dimiliki. Kelebihan dan kemampuan itu harus yang berhubungan dengan jenis pekerjaan yang dilamar. 

 

6. Jangan asal copy paste

Jangan asal copy paste surat lamaran kerja yang tersebar di internet. Kamu boleh saja menjadikan surat lamaran kerja di internet sebagai referensi, tapi pastikan kamu mengeditnya kembali, sesuai dengan kebutuhan.

 

7. Jangan gunakan tulisan tangan

Surat lamaran kerja yang baik dan benar sebaiknya tidak dibuat dengan tulisan tangan, kecuali itu menjadi permintaan khusus dari perusahaan yang dilamar. Jika tidak, buat surat lamaran kerja dalam bentuk elektronik.

 

Sesuaikan dengan permintaan perusahaan yang dilamar. Kamu bisa membuat surat dalam bentuk dokumen PDF, atau menuliskannya langsung di body email lamaran kerja.

 

8. Baca ulang surat lamaran

Baca kembali dengan seksama surat lamaran kerja kamu. Pastikan surat sudah tertulis secara baik dan benar. Hindari kata-kata yang terlalu banyak diulang. Jangan hanya dibaca sekali, bacalah ulang surat lamaran setidaknya tiga kali untuk memastikan tidak ada lagi kesalahan.

 

9. Minta pendapat orang lain

Setelah memeriksa ulang sendiri surat lamaran kerja, kamu bisa mencoba meminta bantuan orang lain untuk membacanya. Minta pendapat dan saran mereka mengenai surat tersebut. Bisa jadi, ada kesalahan yang terlewatkan oleh kamu namun terlihat oleh orang lain. 

 

10. Jangan ditunda

Setelah mengetahui tips-tips membuat lamaran kerja yang baik dan benar, kamu bisa mulai membuatnya sekarang. Jangan tunda proses pembuatan surat lamaran kerja, agar kamu bisa segera melamar ke perusahaan impian.

 

Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar untuk Semua Bidang

(Nama Kota), (Tanggal Bulan dan Tahun pembuatan surat)

 

Kepada Yth,

Bapak/Ibu (Namanya bila ada)

HR/Pimpinan (Nama Perusahaan)

di tempat

 

Dengan hormat,

 

Berdasarkan informasi lowongan pekerjaan sebagai (...) yang saya dapatkan dari (...) pada tanggal (...), saya ingin mengajukan lamaran kerja di posisi tersebut.

 

Saya (Nama Lengkap), laki-laki/perempuan berusia (...) tahun. Saya lulusan (...) dari jurusan (...). Saya memiliki pengalaman bekerja di (jika ada) sebagai (...). Dari latar belakang pendidikan dan pengalaman bekerja, saya memiliki kemampuan (sebutkan kemampuan), dan saya bisa mengoperasikan (sebutkan kemampuan/skill lainnya).

 

Saya percaya skill yang saya miliki dapat berguna untuk posisi yang Bapak/Ibu butuhkan. Sebagai pertimbangan, saya lampirkan beberapa berkas sebagai berikut:

  1. Daftar riwayat hidup (CV)
  2. (dokumen lain yang diminta)
  3. (dokumen lain yang diminta)

 

Demikian surat lamaran kerja ini saya ajukan. Besar harapan saya untuk dapat diterima di perusahaan Bapak/Ibu. Terima kasih atas perhatiannya.

 

Hormat saya,

 

(nama lengkap)


Itu tadi 10 tips membuat surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar beswerta contohnya. Temukan lowongan pekerjaan dan bangun karir impianmu di JatimCerdas.id. Intip juga tips dan informasi karir lainnya di sini.

Komentar