KANDIDAT PERUSAHAAN

3 Contoh Cover Letter yang Sukses Menarik Perhatian HRD

25 Juni 2021 04:06 10997 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 1 KALI DIBAGIKAN

Contoh cover letter terbaik - Cover letter adalah salah satu dokumen penting yang sebaiknya Anda lampirkan ketika melamar pekerjaan. Berbeda dengan surat lamaran kerja atau resume (CV), cover letter biasanya ditulis lebih panjang dan lebih terperinci terkait pengalaman dan prestasi yang kamu miliki.

 

Jika surat lamaran dan CV ingin dilirik oleh HRD, tentu kamu harus menunjukkan usaha yang lebih daripada kandidat lainnya. Nah, salah satunya adalah dengan membuat cover letter baik dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris. 

 

Nah, sebagai referensi, berikut contoh cover letter dua bahasa yang bisa kamu ikuti.

 

Contoh cover letter yang baik dan menonjol

 

 

Untuk membuat cover letter yang baik dan menarik, kamu harus menyesuaikan isinya dengan kemampuan dan pengalaman yang dimiliki. Selain isinya, cara penulisan dan tata bahasa yang digunakan juga harus diperhatikan agar bisa menarik perhatian HRD. 

Nah, berikut adalah tiga contoh cover letter yang bisa diikuti.

 

1. Contoh cover letter Bahasa Indonesia dengan pengalaman 

Yang terhormat Bapak/Ibu (nama)

 

(nama perusahaan)

 

Sehubungan dengan dibukanya lowongan kerja untuk posisi Digital Marketing di perusahaan yang Bapak/ibu pimpin, dengan ini saya bermaksud untuk melamar posisi tersebut.  

 

Melihat syarat yang dibutuhkan perusahaan, saya yakin bahwa latar belakang pendidikan saya di Ekonomi jurusan Pemasaran dari Universitas XYZ sesuai untuk posisi ini. Sebagai seorang profesional di bidang Digital Marketing, saya telah memiliki sejumlah pengalaman kerja di bidang yang sama selama kurang lebih 2 tahun. Pengalaman tersebut saya dapatkan baik dari program magang maupun pengalaman kerja terakhir.

 

Selama 6 bulan saya magang di perusahaan ABC bagian Digital Marketing, saya telah banyak memiliki pengalaman seputar bidang ilmu SEO dan SEM. Posisi tersebut memberikan saya pengalaman sebagai content writer dan organic performance. 

 

Sementara pengalaman saya dari pekerjaan sebelumnya di PT ABC sebagai Marketing Performance telah memberikan saya banyak pengalaman khususnya di bidang Ads atau periklanan digital dan organic traffic.

 

Saya juga mempelajari keterampilan atau skill yang mempermudah saya untuk bergabung dalam tim dan untuk bekerja sama secara berkelanjutan untuk mencapai hasil di tengah-tengah kegagalan dan kemunduran.

 

Pencapaian saya yang paling membanggakan selama bekerja adalah mendatangkan traffic secara digital yang terus naik setiap bulannya (ceritakan pencapaian apa saja yang sudah kamu alami)

 

 Selain itu, peran aktif saya di banyak kegiatan akademis dan ekstrakurikuler selama kuliah dulu juga  telah banyak membantu saya dalam mengembangkan keterampilan komunikasi dan kepemimpinan. Ini juga adalah keterampilan yang sangat penting dalam mencapai kesuksesan di dunia perusahaan.

 

Bersama surat lamaran ini, saya lampirkan resume saya sebagai pertimbangan Anda. Terima kasih telah meluangkan waktu Anda untuk review surat lamaran saya dan saya sangat mengharapkan balasan dari Anda sehingga kita dapat membahas lamaran saya lebih jauh.

 

Hormat saya,

(nama lengkap)

(Alamat email dan nomor telepon aktif)

 

2. Cover letter tanpa pengalaman kerja

Yang terhormat Bapak/Ibu (nama)

 

(nama perusahaan)

 

Sehubungan dengan dibukanya lowongan untuk posisi Digital Marketing di perusahaan yang Bapak/ibu pimpin, dengan ini saya bermaksud untuk melamar posisi tersebut.  

 

Sebagai seorang fresh graduated dari Manajemen Pemasaran dari Universitas ABC, saya merasa posisi tersebut sesuai dengan latar belakang pendidikan, pengalaman dan minat karier saya.

 

Selama menempuh pendidikan tinggi, saya tidak hanya mampu mempertahankan nilai yang baik namun juga tetap aktif menjadi anggota dari banyak organisasi baik tingkat kampus maupun nasional.

 

Latar  belakang organisasi yang saya miliki telah banyak memberikan saya pengalaman kepemimpinan, bekerja sama dalam tim, bekerja dalam tekanan hingga manajemen bisnis termasuk mengenalkan saya dengan dunia pemasaran secara digital. Saya juga memiliki prestasi sebagai anggota organisasi yang berhasil dan sukses hingga diamanahi jabatan manajemen yang cukup tinggi, yakni sebagai (sebutkan jabatan kamu selama di organisasi).

 

Sebagai seorang anggota dalam kelompok, saya juga sangat berkontribusi dalam meningkatkan semangat, dan keterikatan para anggota di tim kami dalam berbagai kegiatan yang saya selenggarakan. 

 

Meskipun ini akan menjadi yang pertama kalinya saya bekerja di bidang Digital Marketing, saya cukup percaya diri bahwa dengan keterampilan dan kemampuan yang saya miliki, saya bisa belajar dengan cepat dan berkontribusi langsung terhadap tim dan juga perusahaan.

 

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk mempertimbangkan surat lamaran ini dan saya berharap dapat mendengar kabar selanjutnya dari Anda. 

 

Hormat saya,

 

(nama lengkap)

 

(alamat email & nomor kontak)

 

3. Contoh cover letter Bahasa Inggris dengan pengalaman kerja

Dear Mr / Ms (nama)

 

(nama perusahaan)

 

In connection with the opening of vacancies for Digital Marketing positions in the companies that you lead, with this cover letter I intend to apply for these positions.

 

Founded on the requirements the company needs, I believe that my educational background in Economics majoring in Marketing from XYZ University is suitable for the position. As a digital marketing professional, I have had a couple of work experiences in the same field for approximately 2 years. I got this experience from both the internship program and recent work experience.

 

During my 6 months internship at the ABC Digital Marketing company, I have a lot of experience in the field of SEO and SEM. This position gives me experience as a content writer and organic performance.

 

While my experience from previous work at PT ABC as Marketing Performance has provided me with a lot of experience, especially in the field of Ads or digital advertising and organic traffic.

 

I also learn skills or skills that make it easier for me to join the team and to work together on an ongoing basis to achieve results amidst failures and setbacks.

 

My proudest achievement while working is bringing traffic digitally which continues to increase every month (beri tahu pencapaian apa saja yang sudah kamu raih selama bekerja)

 

 In addition, my active role in many academic and extracurricular activities during college has also helped me a lot in developing communication and leadership skills. It is also a skill that is essential in achieving success in the corporate world.

 

With this cover letter, I attach my resume for your consideration. Thank you for taking your time to review my cover letter and I look forward to hearing from you so we can discuss my application further.

 

Best regards,

(nama lengkap)

(email dan nomor telepon aktif)


Jika cover letter mu sudah siap, yuk intip tips karir dan lowongan kerja terbaru di NUCareer. Dapatkan juga beragam pelatihan online yang mendungkung pengembangan karir kamu di sini.

Komentar