KANDIDAT PERUSAHAAN

5 Aplikasi yang Bikin Kerja dari Rumah Lebih Mudah dan Efektif

24 Maret 2021 20:03 997 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 2 KALI DIBAGIKAN

Pandemi virus corona membuat banyak orang mulai beradaptasi dengan kebiasaan baru. Ya, salah satunya adalah kebiasaan untuk kerja dari rumah menggunakan aplikasi online yang memungkinkan komunikasi jarak jauh. Munculnya fenomena baru ini membentuk tren kerja baru di dunia bisnis.

 

Kini sudah ramai bermunculan banyak aplikasi work from home (WFH) yang bisa memudahkan para pekerja untuk menyelesaikan tugas mereka dari rumah. Mau tidak mau, kamu juga akhirnya harus beradaptasi dengan banyak aplikasi ini guna melancarkan komunikasi dan pekerjaan, bukan? 

 

Nah, berikut kami rangkum sederet aplikasi yang bisa kamu pilih untuk membuat aktivitas kerja dari rumah lebih mudah, menyenangkan, dan efektif.

Manfaatkan aplikasi ini untuk bikin kerja dari rumah lebih mudah dan efektif

Agar pekerjaan bisa lancar dikerjakan dari rumah, work from home kamu perlu dilengkapi dengan sejumlah aplikasi pesan, manajemen tugas, hingga aplikasi komunikasi seperti berikut. 

 

1. Whatsapp

Siapa yang nggak tahu aplikasi chat online yang satu ini? Ya, WhatsApp menjadi salah satu aplikasi message online terpopuler di kalangan masyarakat. Rupanya, aplikasi ini tidak hanya efektif untuk berkirim pesan, tapi juga sangat membantu untuk komunikasi antar grup.

 

Ada banyak fitur di aplikasi ini yang bikin WhatsApp jadi pilihan paling tepat untuk komunikasi. Beberapa fitur yang bisa membantu kamu dalam bekerja di rumah diantaranya:

 

  • Chat dan Video call grup yang memungkinkan komunikasi dengan banyak anggota dalam grup
  • Kirim gambar, dokumen, link hingga pesan suara
  • Menyimpan pesan penting dengan fitur “starred
  • Membagikan pesan secara masif ke semua kontak dengan broadcast message
  • Berbagi lokasi

 

Berbagai fitur yang dimiliki WhatsApp tentu akan memudahkan kamu bekerja dalam grup secara daring. Aplikasi ini juga sangat mudah digunakan dan tidak memiliki banyak menu tambahan, sehingga sesuai untuk dipakai bekerja.

 

2. Aplikasi Video Call

Saat bekerja dari rumah, kamu mungkin akan banyak dihadapkan pada meeting online dengan aplikasi video call seperti Zoom hingga Google Meet.

 

Ya, kedua aplikasi ini mungkin menjadi yang terpopuler di kalangan para freelancer atau pekerja online untuk melakukan meeting, presentasi hingga webinar secara daring. 

 

Dari kedua aplikasi tersebut, ada banyak fitur yang bisa memudahkanmu melakukan pekerjaan secara online. Salah satunya adalah melakukan video call dengan fitur share screen.

 

Fitur share screen akan memungkinkan anggota meeting dalam room melihat layar komputer atau laptop, sehingga presentasi dapat dilakukan dengan jelas layaknya tatap muka. 

 

Selain itu, kedua aplikasi video call tersebut juga memungkinkan banyak anggota meeting masuk dan bergabung dalam satu room yang sama atau terkoneksi dengan anggota meeting di room lainnya. Tentu ini menjadi dua fitur utama yang tak diragukan lagi dapat sangat membantu menyelesaikan pekerjaan dari rumah.

 

3. Google Calendar

Untuk membuat jadwal meeting dan kegiatan harian, Google Calendar menjadi pilihan yang tepat. Kamu bisa menjadwalkan kegiatan dalam hari tertentu dengan fitur share link, file, gambar, folder sampai membuat meeting room Google Meet dengan banyak anggota.

 

Google calendar juga menyediakan fitur reminder yang akan mengingatkanmu untuk semua kegiatan yang telah dijadwalkan. Dengan aplikasi ini, kerja dari rumah akan semakin terorganisir dan mengurangi risiko kewalahan.

 

4. Google Suite

Bekerja online dari rumah juga membutuhkan tools serbaguna seperti Google Suite. Tools ini menyediakan aplikasi yang memudahkan pekerjaan seperti membuat dokumen, slide presentasi hingga sheet formula.

 

Dokumen yang dibuat juga bisa disimpan dalam Google Drive dan dibagikan dengan anggota kelompok lainnya. Anggota dalam grup dapat mengedit, membagikan dan mengomentari setiap dokumen yang dibagikan. Dengan begini, pekerjaan dapat diselesaikan secara bersama secara online tanpa perlu tatap muka.

 

5. Aplikasi untuk manajemen tugas

Agar pekerjaan dapat terselesaikan dengan baik dan sesuai deadline, kamu bisa menggunakan aplikasi manajemen tugas seperti Slack atau Trello. Aplikasi ini memungkinkan kamu dalam membuat card pekerjaan yang bisa dibagikan dengan anggota grup.

 

Kamu juga bisa mengirimkan link, gambar, dokumen hingga folder yang terkoneksi dengan Google Suite. Selain itu, ada juga fitur chat atau komen yang bisa digunakan untuk komunikasi dalam aplikasi. 

 

Itu tadi semua aplikasi yang membantu kegiatan kerja dari rumah menjadi lebih mudah dan efisien. Yuk temukan tips-tips dan informasi karir lainnya di JatimCerdas.id. Temukan juga lowongan pekerjaan impianmu di sini, bangun dan rencanakan karirmu sekarang! Karena kita semua #BisaBarengJatim

Komentar