5-S Lamaran Sukses
5-S Lamaran Sukses | TopKarir.com

Menulis surat lamaran yang akan cepat dilirik perekrut kerja tidak bisa dibilang mudah. Kamu perlu memberikan impresi pertama yang cukup memikat untuk dipanggil wawancara. Namun jangan pula menulis berlebihan yang malah berujung membuang waktu dan tenaga tanpa hasil. Surat lamaran yang sukses memenuhi 5-S sebagai berikut:

 

1. Singkat

Kamu mungkin ingin menuliskan semua pengalaman atau keterampilan dalam CV yang terlampir dengan surat lamaran. Namun hindari mencantumkan terlalu banyak hal yang sebenarnya tidak terlalu penting. Buatlah tulisan yang singkat tapi memikat. Tonjolkan mengenai hal-hal yang bisa kamu tawarkan pada perusahaan. Gunakan bahasa yang jelas namun tidak klise sehingga mudah dimengerti dan menarik.

 

2. Spesifik

Pelamar kerja biasanya mengirim surat lamaran ke banyak perusahaan. Meski begitu, hindari bersikap ceroboh dengan meng-copy-paste tulisan pada semua surat lamaran. Kamu mungkin bisa menerapkan formula yang serupa, namun isinya perlu disesuaikan dengan perusahaan dan posisi. Cari tahu terlebih dahulu mengenai perusahaan tersebut kemudian sesuaikan 'promosi diri' kamu dengan pekerjaan yang tengah ditawarkan.

 

3. Statistik

Agar lebih menyakinkan tambahkan argumen atau pendapat kamu mengenai sesuatu dengan angka. Misalnya ketika kamu menyebutkan jika saat ini kemampuan berbahasa China (yang menjadi salah satu kemampuan kamu) sangat dibutuhkan. Kamu bisa menuliskan berapa banyak perusahaan yang bekerja sama dengan pihak dari Tiongkok dan memerlukan staff dengan kemampuan tersebut.

 

4. Sertakan Referensi

Surat lamaran kamu akan lebih lengkap dengan referensi yang bisa memvalidasi kompetensimu. Bahkan Forbes menyarankan untuk meletakkan daftar kontak tersebut di bagian atas. Jangan lupa untuk meminta izin dulu pada orang yang dicantumkan agar dia tidak kaget dan malah merasa kamu kurang profesional.

 

5. Simpatik

Jangan hanya fokus pada menonjolkan kemampuan, tunjukkan juga jika kamu mempunyai kepribadian menarik yang mengundang simpati. Misalnya dengan menunjukkan antusiasme pada bidang pekerjaan yang dilamar. Gunakan pula bahasa yang tidak kaku namun tetap sopan sehingga membuat perekrut kerja simpatik terhadapmu. Meski mengikuti sebuah format, surat lamaran bisa dibuat fleksibel dengan menggunakan bahasamu sendiri sehingga tulisan jadi otentik.

 

Bagaimana Sobat TopKarir dengan tips di atas? Apakah sudah pernah kamu terapkan saat menulis surat lamaran? Atau kamu memiliki tips lainnya? Yuk, share ke kita.

 

Source: wolipop.detik.com