KANDIDAT PERUSAHAAN

7 Tips Kerja dari Rumah agar Tetap Fokus dan Produktif

24 Maret 2021 20:03 4099 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Bekerja dari rumah, mungkin kini sudah menjadi hal yang biasa bagi sebagian orang. Ya, jika dahulu kita harus pergi ke kantor, kini, sejak virus corona melanda, semua kegiatan diimbau untuk dilakukan di rumah saja. 

Bagi sebagian orang mungkin bekerja dari rumah memiliki banyak keuntungan. Namun, tak menampik juga bahwa kegiatan ini bisa membuat kita menjadi tidak fokus saat bekerja yang akhirnya menurunkan produktivitas sehari-sehari.

Nah, jika Anda juga merasakan hal yang sama, sejumlah tips berikut mungkin bisa membantu untuk meningkatkan fokus saat bekerja dari rumah agar tetap produktif. 

Tips kerja dari rumah agar tetap fokus dan produktif

Untuk fokus dalam bekerja saat berada di rumah, suasana nyaman dan efektif menjadi poin penting. Nah, agar dapat mewujudkan hal tersebut, sejumlah tips berikut mungkin akan membantu.

1. Jangan lewatkan bangun pagi

Kerja dari rumah tentu tak mengharuskan Anda bangun pagi untuk bersiap pergi ke kantor seperti biasanya. Namun, jangan biarkan ini menjadi alasan untuk melewatkan bangun pagi. Membiasakan diri untuk bangun pagi bukan hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh tapi juga bermanfaat bagi kesehatan mental.

Penelitian dalam Journal of Psychiatric Research menyebutkan bahwa, orang yang biasa tidur lebih awal dan bangun pagi akan lebih kecil kemungkinan mengalami depresi dibandingkan dengan orang yang suka tidur larut malam. Bagun di pagi hari juga bisa meningkatkan mood dan membuat Anda menjadi lebih aktif. Untuk itu, agar pekerjaan berjalan lancar sepanjang hari, yuk tetap biasakan bangun pagi!

2. Jangan lewatkan sarapan

Kerja dari rumah sebenarnya akan lebih memudahkan Anda untuk sarapan pagi, jadi jangan sia-siakan kesempatan ini. Sarapan pagi akan membuat Anda lebih berenergi untuk memulai semua aktivitas. Dengan sarapan, Anda akan cukup memiliki nutrisi untuk menjalani hari, sehingga akan lebih fokus dan berkonsentrasi pada pekerjaan.

3. Ciptakan suasana yang nyaman

Tips lainnya agar tetap fokus dalam bekerja adalah menciptakan suasana senyaman mungkin. Jangan biasakan untuk bekerja di atas tempat tidur karena bisa membuat Anda cepat mengantuk. Jika di rumah anda Ada banyak anak kecil, bekerjalah di ruangan khusus yang jauh dari anak agar lebih tenang dan fokus. Anda bisa meminta bantuan anggota keluarga yang lain untuk bantu menjaga si Kecil. Setidaknya, mintalah bantuan orang lain untuk memberikan pengawasan ekstra selagi Anda sedang bersamanya saat bekerja.

4. Buat jadwal waktu kerja yang sesuai

Kerja dari rumah bukan berarti Anda harus terpaku pada jam kantor. Ya, tentu Anda sebaiknya mengatur jadwal kerja yang disesuaikan dengan kebutuhan dan keadaan rumah. Jika pagi hari adalah waktu yang tepat untuk mulai bekerja, tidak ada salahnya Anda memulai kerja lebih awal dari jam kantor. Manfaatkan waktu istirahat untuk menyelesaikan pekerjaan rumah atau bermain dengan si Kecil, jika Anda memiliki anak. Agar tetap fokus dan tidak jenuh, Anda bisa memanfaatkan waktu istirahat untuk sebagai “me time” baca buku atau menonton film sambil makan tampaknya tidak akan ada salahnya, lho. Justru hal itu bisa menambah mood dan kembali mengisi konsentrasi yang telah hilang saat bekerja.

5. Buat skala prioritas

Bekerja dari rumah, terkadang akan lebih memiliki banyak rintangannya karena Anda harus mengurus segala sesuatu berbarengan. Jika di kantor Anda hanya fokus pada pekerjaan, di rumah Anda bisa fokus pada banyak hal termasuk pada anak, pekerjaan rumah, hingga gangguan lingkungan dari lingkungan sekitar. Untuk itu, sebaiknya buat jadwal yang terperinci untuk semua pekerjaan, termasuk pekerjaan rumah.

Catatlah semua meeting atau pertemuan dari kantor dan kegiatan yang akan dilakukan di rumah. Baik itu hanya sekedar mengajari anak sekolah, cuci piring, hingga makan atau istirahat. Kemudian buatlah skala prioritas dari daftar pekerjaan tersebut. Selesaikanlah pekerjaan yang lebih penting dan dahulukan pekerjaan yang sudah tercatat dalam jadwal agar Anda bisa tetap fokus dan tidak kewalahan.

6. Tetap jaga komunikasi

Kerja dari rumah bisa membuat Anda merasa seperti bekerja sendiri. Ini terkadang bisa memicu stres dan rasa bosan yang menyebabkan fokus terganggu. Untuk itu, meski bekerja sendiri di rumah, pastikan Anda memiliki waktu untuk berbincang dengan keluarga maupun teman kantor melalui telepon atau video call. Dengan tetap berhubungan, Anda juga bisa menjaga komunikasi perihal pekerjaan berjalan lancar, sehingga bisa cepat selesai.

7. Tetap aktif bergerak

Hal yang tak kalah penting untuk tetap fokus saat kerja di rumah adalah memastikan tubuh tetap aktif dengan berolahraga. Jika Anda bangun pagi, jadwalkan beberapa menit untuk peregangan dan olahraga ringan sebelum bekerja.

Dengan berolahraga ringan, Anda bisa menghindari rasa lelah dan pegal yang mengganggu selama hanya duduk untuk bekerja. Selain itu, dengan olahraga, aliran darah ke otak akan semakin lancar sehingga konsentrasi Anda akan tetap terjaga. 


Pastikan untuk selalu menjaga kesehatan selama bekerja dari rumah. Jangan lupa untuk tidur cukup dan ciptakan suasana menyenangkan selama bekerja agar tidak cepat stres. Untuk menemukan pekerjaan terbaik di rumah yang sesuai dengan passion Anda, NU Career adalah pilihan yang tepat. Segera register untuk menemukan karir impianmu. Selamat mencoba!

Komentar