KANDIDAT PERUSAHAAN

Apa Perbedaan Profesi dan Pekerjaan?

24 Maret 2021 20:03 5810 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Perbedaan profesi dan pekerjaan - Apa yang sekarang sedang kamu cari dalam hidup? Profesi atau pekerjaan? Meskipun pekerjaan dan profesi (karir) memungkinkan kita memperoleh pemasukan, namun keduanya ternyata punya arti yang berbeda lho.

 

Penting untuk mengetahui apakah kamu sedang mencari pekerjaan atau karir untuk merencanakan tujuan profesional kamu. Ini akan menjadi dasar penilaian tersendiri untuk kamu yang sedang merencanakan karir.

 

Apa itu pekerjaan?

Pekerjaan adalah segala hal yang kamu lakukan untuk mendapatkan uang guna memenuhi kebutuhan dasar hidup. Ini bisa dalam bentuk penuh waktu atau paruh waktu dan mungkin dalam jangka pendek. 

 

Kamu mungkin mendapatkan upah per jam atau gaji tetap daripada gaji dengan tunjangan. kamu mungkin perlu mempelajari keterampilan tertentu yang terkait dengan peran dalam pekerjaan itu, tapi nggak semua pekerjaan memerlukan gelar khusus atau pelatihan lanjutan.

 

Perusahaan mengharapkan karyawan mereka untuk melakukan pekerjaan masing-masing dengan imbalan pembayaran rutin dan bertanggung jawab atas tugas yang ditetapkan untuk karyawan.

 

Kamu juga bisa mendefinisikan pekerjaan sebagai kontrak jangka pendek atau panjang antara pemberi kerja dan pekerja.

 

Misalnya, perusahaan menyewa kontraktor lokal untuk menyelesaikan pekerjaan renovasi kantor. Mereka menyetujui persyaratan pembayaran, dan pekerjaan berakhir setelah proyek selesai.

 

Apa itu profesi atau karir?

Karir atau profesi adalah perjalanan profesional jangka panjang yang dapat kamu tentukan berdasarkan minat dan keahlian. kamu mungkin memerlukan tingkat pendidikan atau pelatihan tertentu untuk mencapai profesi. 

 

Orang-orang yang mengejar karir sering kali menetapkan gaji dengan tunjangan seperti opsi saham, rencana pensiun, pensiun, dan bonus. Mereka juga mendapatkan keuntungan di luar uang, status sosial, seperti harga diri hingga kepuasan kerja.

 

Karir atau profesi mungkin bertahan seumur hidup. kamu dapat memegang banyak pekerjaan di bawah banyak perusahaan di industri pilihan yang dilalui selama berkarir.

 

Bagaimana pekerjaan mempengaruhi profesi?

Kamu kemungkinan besar akan memegang banyak pekerjaan sepanjang karir, meskipun belum menentukan jalur karir saat pertama kali bergabung dengan dunia kerja. Mungkin bermanfaat untuk mempertimbangkan setiap posisi yang kamu pilih. 

 

Nah, pekerjaan kamu dapat memengaruhi karir kamu dengan cara berikut:

 

1. Pekerjaan membentuk karir 

Karir terdiri dari semua pekerjaan yang pernah kamu kerjakan, terlepas dari apakah pekerjaan itu terkait satu sama lain. Kamu bisa menghabiskan waktu puluhan tahun mengerjakan pekerjaan di departemen yang sama dengan satu organisasi. 

 

Sebagai alternatif, kamu dapat melakukan banyak pekerjaan yang tampaknya tidak berhubungan sepanjang hidup, seperti staf pemasaran kemudian menjadi staf produksi.

 

Meski nggak berhubungan, pekerjaan itu menentukan karir kedepan dan dapat menghubungkan kamu dengan peluang lain. Pikirkan pekerjaan sebagai tugas jangka pendek yang dapat membantumu mencapai tujuan jangka panjang.

 

2. Kamu belajar dari setiap pekerjaan

Setiap pekerjaan yang kamu ambil memberikan pelajaran yang dapat diterapkan pada pekerjaan di masa depan. kamu juga akan memperoleh berbagai keterampilan, pengetahuan, dan pengalaman. 

 

Misalnya, mungkin pekerjaan sebagai juru tulis perusahaan mengajari kamu cara menangani situasi sulit dengan bijaksana. Posisi resepsionis mungkin telah mengajari kamu keterampilan komunikasi dan layanan pelanggan yang baik.

 

Peran lain mungkin membantu mengembangkan keterampilan menulis, mengembangkan kemampuan untuk menangani penolakan atau mengajari nilai ketekunan dan kerja keras.

 

Semua pelajaran berharga tersebut akan membentuk karir hingga mencapai profesi yang kamu inginkan.

 

3. Pekerjaan memperluas jaringan kerja

Dalam setiap pekerjaan, kamu membangun jaringan dan komunitas dengan banyak profesional. Jika kamu memelihara hubungan yang produktif dan profesional dengan semua kolega dan klien, kamu dapat memberikan diri kemampuan untuk menjangkau koneksi ini sepanjang karir.

 

Itulah penjelasan tentang bedanya profesi dan pekerjaan, gimana? Sudah paham kan sekarang perbedaanya. Sekarang kamu bisa mulai temukan lowongan pekerjaan dan bangun karir impianmu di JatimCerdas.id. Intip juga tips dan informasi karir lainnya di sini.

Komentar