KANDIDAT PERUSAHAAN

Bagaimana Cara Membuat Resume Kerja? Ini 10 Tipsnya

24 Maret 2021 20:03 2593 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Bagaimana cara membuat resume kerja yang benar? Mungkin ini kerap menjadi kekhawatiran para jobseeker ketika ingin melamar pekerjaan. Resume kerja memang menjadi salah satu dokumen penting yang harus dilampirkan para calon karyawan ketika melamar pekerjaan.

 

Dokumen ini berisi pemaparan singkat mengenai diri pelamar, mulai dari informasi pribadi, pengalaman kerja hingga latar belakang pendidikan. Karena bersifat penting, tentu membuat resume kerja tidak boleh sembarangan.

 

Nah, lantas bagaimana cara membuat resume kerja yang baik dan profesional? Dikutip dari berbagai sumber, berikut tips selengkapnya.

 

Cara membuat resume kerja yang baik dan profesional

Resume yang baik ditulis dengan efektif, konsisten, ringkas dan jelas serta mudah dibaca. Hindari penggunaan font yang kecil, blok teks yang padat dan bahasa yang tidak jelas. Jangan juga menggunakan format yang tidak konsisten karena akan terlihat berantakan.

Berikut tips membuat resume kerja yang benar:

1. Pilih jenis resume terbaik

Ada beberapa jenis resume yang bisa dipilih untuk melamar pekerjaan. Sejumlah jenis tersebut adalah jenis kronologis, fungsional, kombinasi atau resume yang ditargetkan. Resume kronologis biasanya akan berfokus pada rekam jejak pengalaman Anda. Sedangkan kronologis lebih berfokus pada tahap atau rincian pekerjaan.

2. Pilih font sederhana

Saat membuat resume, pilih jenis font yang sederhana dan mudah dibaca seperti Times New Roman, Arial, atau Calibri. Pastikan font tidak terlalu besar atau terlalu kecil, yakni antara 10 sampai 12.

 

3. Buat format yang konsisten

Resume profesional harus memuat format yang konsisten. Misalnya, jika Anda menggunakan poin untuk menjelaskan tanggung jawab dan pencapaian, maka pastikan gunakan format yang sama untuk semua posisi lainnya juga.

Jika format yang digunakan adalah angka, masa pastikan format tersebut diaplikasikan pada semua tulisan. Konsisten dengan font, ukuran font, dan gaya penulisan akan membuat resume Anda lebih terlihat rapi.

4. Tetap fokus

Buat resume kerja tetap fokus pada tujuan melamar dan hindari memasukkan informasi yang tidak relevan. Resume sebaiknya lebih berfokus pada keahlian atau atribut lain yang menunjukkan Anda memenuhi syarat untuk pekerjaan yang dilamar.

Resume yang baik juga cukup dengan satu halaman, tidak lebih. Jika harus lebih, maka maksimal adalah dua halaman saja.

 

5. Ubah resume secara berkala

Untuk membuat resume tetap up to date, pastikan Anda mengubah dan memasukkan informasi terbaru secara berkala. Memperbarui resume bisa meningkatkan peluang Anda untuk diperhatikan oleh manajer perekrutan.

6. Gunakan contoh dan template resume

Gunakan contoh atau template resume untuk membantu Anda menulis resume yang benar. Namun, setiap kali menggunakan contoh atau template resume, pastikan untuk menyesuaikan resume dengan informasi yang Anda miliki, sehingga mencerminkan keterampilan dan kemampuan untuk pekerjaan yang dilamar. 

7. Menjadi kreatif 

Jika Anda berada di bidang kreatif, Anda dapat menggunakan situs web resume gratis untuk membuat resume yang menarik dengan menambahkan seperti video, infografis, dan tautan ke pencapaian Anda. Namun, lakukan ini hanya jika Anda berada di industri kreatif. Jika tidak, Anda pasti harus tetap berpegang pada resume tradisional atau format resume pada umumnya.

 

8. Edit resume dengan teliti

Kesalahan ejaan dan tata bahasa dapat membuat pelamar tampak lalai terhadap detail. Tinjau pedoman pemeriksaan untuk memastikan bahwa resume telah konsisten dan bebas dari kesalahan. Dan, jika Anda bisa, cari orang lain untuk melihatnya juga, karena sangat mudah untuk melewatkan kesalahan ketik ketika melakukannya sendiri.

9. Cari bantuan untuk menilai resume

Alangkah lebih baiknya jika resume Anda ditinjau seorang ahli sebelum dikirimkan ke perusahaan. Pertimbangkan untuk menggunakan konselor karir atau layanan resume profesional lainnya untuk membantu memastikan resume sudah profesional dan rapi. Meminta teman atau anggota keluarga memeriksa kesalahan ketik dan kesalahan format adalah pilihan lain untuk memastikannya sempurna.

10. Periksa resume sebelum mengirimkannya

Sebelum Anda mengirimkannya, gunakan daftar periksa resume untuk memastikan Anda telah memasukkan semua informasi yang relevan di dalamnya. Hindari kesalahan umum pada resume dan gunakan strategi penulisan yang baik dan sesuai.

 

Selain cara membuat resume kerja, temukan tips karir lainnya dari NU Career. Jangan lupa kunjungi situs resmi NU Career di https://www.nucareer.id/ untuk mencari beragam lowongan pekerjaan terbaik.

Komentar