Beasiswa S3 dari Research Grants Council, Hong Kong
Beasiswa S3 dari Research Grants Council, Hong Kong | TopKarir.com

Bagi kamu yang sedang ingin melanjutkan studi di luar negeri terutama di salah satu negara Asia, seperti Hong Kong, mungkin beasiswa yang satu ini bisa menjadi salah satu rekomendasi buat kamu. Research Grants Council, Hong Kong kini sedang menawarkan beasiswa bagi pelajar Internasional termasuk Indonesia yang ingin melanjutkan program studi S3 di universitas – universitas yang ada di Hong Kong.

Research Grants Council menawarkan beasiswa dalam skema Hong Kong PhD Fellowship Scheme (HKPFS). Beasiswa ini menyediakan pendanaan studi di 8 universitas terbaik Hong Kong selama periode PhD, yakni 3 tahun. Beasiswa HKPFS terbuka bagi Anda yang ingin melanjutkan studi pada bidang sains, kedokteran, teknik, teknologi, humaniora, ilmu sosial, dan bisnis. Per tahunnya, beasiswa diberikan sebesar HK$ 309.600 (sekitar USD 39.700) serta tunjangan perjalanan penelitian dan konferensi per tahun sebesar HK$ 12.900 (sekitar USD 1.700). 

Beasiswa HKPFS telah menyediakan kuota beasiswa sebanyak 250 kursi beasiswa. Bagi penerima beasiswa yang membutuhkan biaya lebih dari tiga tahun untuk menyelesaikan studi PhD mereka, biaya tambahan dapat diberikan oleh universitas yang dipilih. 

 

Persyaratan:

  1. Pelamar mendaftar ke program PhD penuh waktu di salah satu universitas berikut:
    • City University of Hong Kong   
    • Lingnan University   
    • The Chinese University of Hong Kong   
    • The Education University of Hong Kong   
    • The Hong Kong Polytechnic University   
    • The Hong Kong University of Science and Technology   
    • Hong Kong Baptist University 
    • The University of Hong Kong
  2. Pelamar harus menunjukkan kualitas yang luar biasa melalui prestasi akademik, kemampuan penelitian / potensial, komunikasi dan keterampilan interpersonal, dan kemampuan kepemimpinan.

 

Pendaftaran: 

Pelamar yang memenuhi syarat beasiswa HKPFS terlebih dahulu mengisi formulir aplikasi inisial secara online HKPFSES (Hong Kong PhD Fellowship Scheme Electronic System) untuk memperoleh nomor referensi HKPFSES. Di formulir tersebut, pelamar dapat memilih hingga dua program studi di salah satu atau dua perguruan tinggi yang tertera untuk tahun akademik 2020 – 2021. Deadline pendaftaran beasiswa HKPFS ini adalah 1 Desember 2019 pukul 12.00 waktu Hong Kong.

Nomor referensi HKPFSES yang telah diperoleh tersebut kemudian dicantumkan ketika mendaftar ke program PhD di universitas yang telah dipilih. Jika tidak memuatnya, pelamar tidak akan dipertimbangkan untuk beasiswa HKPFS.

Pendaftaran ke universitas, termasuk persyaratan dan aplikasi yang diperlukan silakan merujuk ke website masing-masing universitas atau program yang dilamar. Sebab, kemungkinan mereka menetapkan aturan yang berbeda. Pendaftaran beasiswa HKPFS tidak dikenakan biaya, namun pendaftaran ke universitas khususnya pada program PhD yang dilamar bisa saja ada biaya yang diminta. 

Perlu dipahami, deadline pendaftaran ke universitas Hong Kong berbeda-beda, sehingga sebaiknya pelamar mengisi formulir aplikasi inisial lebih cepat sebelum mendaftar ke universitas. Berikut deadline masing-masing universitas dan alamat website: 

Seleksi beasiswa berdasarkan penilaian keunggulan akademik, kemampuan penelitian dan potensi, komunikasi dan kemampuan interpersonal, dan kemampuan kepemimpinan. Pengumuman hasil beasiswa HKPFS 2020/21 akan disampaikan pada April 2020.