KANDIDAT PERUSAHAAN

Bingung Kerja Sampingan Pilih Freelance atau Part Time? Ini Bedanya

24 Maret 2021 20:03 13239 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Kebutuhan semakin bertambah tapi pemasukan tak kunjung ada kenaikan? Mungkin ini saatnya kamu mengambil kerja sampingan untuk menambah pendapatan.

 

Situs pencari kerja pun kini tidak hanya menyediakan lowongan bagi karyawan full-time tapi juga part-time dan freelance. Sejatinya, pekerja part-time dan freelance sama-sama tidak terikat dengan perusahaan.

 

Artinya, mereka punya waktu untuk bisa melakukan hal lain di luar jam kerja. Lain halnya dengan karyawan full time yang terikat perjanjian kerja dengan sebuah perusahaan. Jam kerjanya pun diatur oleh perusahaan dan pemerintah dengan minimal 8 jam per hari.

 

Belum lagi jika ada pekerjaan yang harus diselesaikan di hari itu, karyawan full time mau tidak mau tetap melanjutkan tugas bahkan hingga melebihi jam kerja alias lembur. Namun kondisi seperti ini sangat minim dialami oleh seorang pekerja part-time atau freelance.

 

Karena jam kerjanya yang lebih sedikit dan fleksibel, bekerja part time atau menjadi freelance cocok dijadikan kerja sampingan. Sebelum memutuskan mana yang ingin kamu ambil, simak dulu perbedaan kerja part-time dan freelance berikut ini.

 

Perbedaan Kerja Part-Time dan Freelance

Punya pekerjaan tetap tentu menjadi impian setiap orang. Apalagi kalau bukan karena pemasukan yang stabil di setiap bulan hingga ingin memiliki karier yang cemerlang.

 

Namun ada juga yang merasa menjadi pekerja full-time sebagai sebuah tuntutan akan kebutuhan yang tak kunjung usai. Untuk menyiasatinya, mengambil kerja sampingan bisa menjadi solusi, baik itu kerja part-time atau freelance.

Karyawan Part Time atau Paruh Waktu

Sesuai dengan namanya, pekerja part-time atau paruh waktu memiliki jam kerja yang jauh lebih sedikit ketimbang pekerja full-time. Setidaknya, pekerja paruh waktu bekerja selama 3-4 jam setiap harinya.

 

Ada yang bekerja hanya di akhir pekan atau Sabtu dan Minggu seperti kopi barista, penjaga loket, Bahkan tidak sedikit pekerja part-time yang bekerja hanya pada event tertentu seperti SPG rokok atau usher di pameran otomotif. 

 

Pekerjaan ini juga cocok untuk para pelajar atau mahasiswa yang ingin mendapatkan uang tambahan. Karena jam kerjanya yang lebih sedikit, gaji para pekerja part-time juga sudah pasti lebih kecil dari pekerja full-time.

 

Tidak ada asuransi ataupun tunjangan yang akan diperoleh pekerja paruh waktu. Selain itu, jangan pernah berharap akan ada peningkatan karier untuk pekerjaan ini.

 

Tapi keuntungannya, bekerja part-time tidak terikat pada kontrak panjang sehingga karyawan bisa dengan bebas berpindah pekerjaan. Banyaknya waktu luang yang dimiliki juga bisa dimanfaatkan untuk kegiatan lain.

 

Freelance

Berbeda dengan karyawan part-time yang kinerjanya dilihat dari jumlah jam kerja, pekerja freelance diukur dari banyaknya proyek yang di ambil. Namun pekerja paruh waktu dan freelance sama-sama tidak terikat oleh kontrak dan aturan ketat perusahaan.

 

Seperti namanya, freelance atau pekerja lepas benar-benar bekerja secara mandiri. Tidak ada atasan yang mengatur jalannya pekerjaan. Setelah menerima proyek dari klien, seorang freelancer tinggal mengerjakannya sesuai kesepakatan dengan tenggat waktu yang telah ditentukan.

 

Berbeda dengan pekerja part-time, pekerjaan untuk freelance tersebar di berbagai bidang. Mulai dari IT, marketing, penerbitan, konten hingga desain. Yang lebih menyenangkan lagi, profesi ini memberikan keleluasaan bagi pekerjanya untuk memilih waktu dan tempat kerjanya sendiri. Fleksibilitas yang diberikan cocok diberikan untuk kamu yang ingin punya penghasilan tambahan.

 

Tapi yang perlu diingat saat kerja freelance adalah jangan sampai kebebasan ini membuat kita terlena sehingga menunda-nunda pekerjaan. Atur waktu bekerjamu dengan baik sehingga target yang telah disepakati bersama klien tetap terpenuhi.

 

 

Nah, itulah perbedaan kerja part time dan freelance berikut kekurangan serta kelebihannya masing-masing. Pilih yang sesuai kemampuan dan ketersediaan waktumu. Walau hanya kerja sampingan, jangan sampai merusak kepercayaan perusahaan yang meng-hire.

 

Temukan berbagai pekerjaan menarik dan tips karir lainnya di Top Karir. Download aplikasi Top Karir sekarang atau kunjungi situs resminya di topkarir.com.

Komentar