KANDIDAT PERUSAHAAN

Contoh Surat Lamaran Kerja Umum yang Bisa Menarik Perhatian HRD

24 Maret 2021 20:03 4413 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Surat lamaran kerja umum diketahui sebagai salah satu bagian terpenting dalam proses pencarian kerja. Surat lamaran kerja menjadi impresi pertama yang dilihat oleh perusahaan dari kandidat karyawannya.

 

Hal tersebut membuat tampilan surat lamaran kerja sangat penting diperhatikan, agar bisa memberi kesan yang baik. Untuk bisa membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

 

Surat lamaran kerja pada dasarnya berisi permohonan dari pelamar kerja kepada perusahaan yang dituju. Surat ini juga berisi informasi singkat mengenai si pelamar, berkas-berkas pendukung, dan persyaratan lainnya.

 

Tips Mudah Membuat Surat Lamaran Kerja Umum

 

Membuat surat lamaran kerja umum untuk semua bidang sebenarnya tidak sulit. Hal yang perlu diingat adalah surat lamaran kerja atau cover letter tidak sama dengan resume alias CV. Jadi surat lamaran kerja tidak perlu terlalu panjang.

 

Surat lamaran kerja adalah rangkuman dari resume atau CV Anda. Surat lamaran kerja menjadi pelengkap resume. Dua berkas itu menjadi salah satu bagian penting dalam proses melamar pekerjaan. Ini tips membuat surat lamaran kerja umum untuk semua bidang. 

 1. Menggunakan Format yang Sesuai

Pastikan surat lamaran kerja yang Anda buat menggunakan format sesuai dengan permintaan atau persyaratan dari perusahaan yang Anda tuju. Misal, kebanyakan perusahaan bakal meminta surat lamaran dalam format file PDF. Maka pastikan surat lamaran anda dalam format yang sesuai

 2. Pakai Bahasa yang Baik dan Benar

Gunakan bahasa yang baik dan benar, namun singkat dan tidak bertele-tele. Hindari penggunaan bahasa tidak baku. Perhatikan tanda baca dan pastikan juga tidak ada typo untuk memberi kesan profesionalitas dan ketelitian.

 3. Cukup Satu Halaman Saja

Pastikan juga surat lamaran kerja hanya satu halaman. Tidak perlu panjang lebar menjelaskan tentang diri Anda di surat lamaran kerja. Pasalnya, penjelasan tentang diri Anda sudah menjadi tugas CV atau resume. Surat lamaran kerja yang singkat juga mempermudah kerja HRD.

 4. Lakukan Riset

Jangan ragu untuk mencari tahu lebih dalam mengenai perusahaan yang dituju. Semakin Anda mengenal perusahaan yang dituju, maka surat lamaran kerja yang dibuat biasanya bakal semakin baik pula.

Lakukan pencarian di internet menggunakan nama perusahaan tersebut. Kalau bisa, cari tahu juga siapa nama HR yang bertugas di perusahaan itu melalui platform seperti LinkedIn. Hal ini bakal membantu surat lamaran kerja terasa lebih personal.

 5. Tunjukkan Minat yang Besar

Tunjukkan bahwa Anda memiliki minat yang besar untuk bekerja di perusahaan tersebut. Curi perhatian HR dengan menjelaskan apa-apa saja kemampuan yang Anda miliki yang sesuai dengan posisi pekerjaan yang dilamar.

 

Contoh Surat Lamaran Kerja Umum untuk Semua Bidang

 

(Kota), (Tanggal, Bulan, Tahun)

 

Yth,

Bapak/Ibu (nama bila ada) HRD (nama perusahaan)

di tempat



Dengan hormat,

 

Sehubungan dengan informasi lowongan pekerjaan yang saya dapatkan dari (...) pada tanggal (...), saya bermaksud untuk mengajukan diri di perusahaan Bapak/Ibu sebagai (...). Berikut data diri singkat saya:

 

Nama : .....

Tempat, tanggal lahir : …..

Pendidikan Terakhir : …..

Alamat Domisili : …..

Nomor Telepon : ….

Email : …..

 

Saya (sebutkan kemampuan diri, misalnya) memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi, disiplin, dan bisa memanajemen waktu dengan baik. Dari apa yang saya pelajari di sekolah/kuliah dan pengalaman pekerjaan saya sebelumnya (jika ada), saya telah mengembangkan skill (...) dan (...).

 

Saya terbiasa bekerja menggunakan (sebutkan yang berhubungan dengan lowongan pekerjaan yang dilamar) . Saya memiliki minat yang besar untuk dapat bekerja di bidang (...).  Saya percaya skill yang saya miliki bisa berguna untuk posisi yang bapak/ibu butuhkan.

 

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan beberapa dokumen berikut:

(misalnya)

  1. Curriculum Vitae (CV)
  2. Ijazah terakhir
  3. Dokumen terkait

 

Demikian surat lamaran kerja ini saya ajukan. Besar harapan saya untuk dapat diterima di perusahaan Bapak/Ibu. Terima kasih atas perhatiannya.

 

Hormat saya,



(Nama)

 

Temukan tips karir bermanfaat lainnya dari NU Career. Jangan lupa kunjungi situs resmi NU Career di https://www.nucareer.id/ untuk mencari beragam lowongan pekerjaan terbaik.

Komentar