Ini 12 Pertanyaan Interview Kerja yang Tidak Boleh Salah Jawab
Ini 12 Pertanyaan Interview Kerja yang Tidak Boleh Salah Jawab | TopKarir.com

Menghadapi pertanyaan interview kerja memang terkadang jadi momen paling menegangkan untuk sebagian orang. Bahkan, beberapa kandidat bisa merasa begitu tegang hingga tidak maksimal saat menjawab pertanyaan wawancara dari HRD.

 

Untuk sukses dalam menghadapi wawancara kerja, Anda perlu melakukan persiapan matang terlebih dahulu, seperti mencari tahu tentang pekerjaan dan latar belakang perusahaan tempat Anda melamar. Pasalnya, pertanyaan saat interview kerja memang tidak akan jauh dari seputar diri Anda dan pekerjaan yang Anda pilih.

 

Nah, berikut adalah 15 pertanyaan interview kerja yang paling sering ditanyakan saat wawancara lengkap dengan rekomendasi jawabannya agar Anda tidak salah jawab.

Pertanyaan seputar data pribadi

Biasanya, HRD akan terlebih dahulu membuka sesi wawancara dengan pertanyaan seputar diri Anda dan kesibukan Anda. Pada sesi ini, Anda tidak boleh sampai salah jawab karena bisa mempengaruhi penilaian pertama HRD terhadap Anda. 

 

Berikut beberapa pertanyaan yang paling sering ditanyakan pada sesi ini lengkap dengan rekomendasi jawabannya.

1.Coba jelaskan tentang diri kamu?

Untuk menjawab pertanyaan ini, Anda hanya perlu menjelaskan secara singkat tentang diri Anda. Seperti nama lengkap, alamat tempat tinggal, latar belakang pendidikan, hobi hingga passion atau kesibukan kamu saat ini.

2. Apa kelebihan dan kekurangan kamu?

Yang tak akan lepas dari pertanyaan interview kerja lainnya adalah diminta untuk menjelaskan kelebihan dan kekurangan yang Anda miliki. Cobalah untuk menjawab secara jujur. Jelaskan apa saja kepribadian atau sikap yang Anda anggap menjadi kekuatan atau kelebihan dari pada orang lain. Jelaskan juga apa saja kekurangan yang Anda miliki dengan  menambahkan hal apa saja yang Anda lakukan untuk mengatasi kelemahan tersebut. 

3. Apa ekspektasi kamu terhadap pekerjaan ini?

Biasanya, pewawancara akan menanyakan apa yang kamu harapkan dari pekerjaan atau perusahaan yang Anda pilih. Cobalah untuk menjawab bukan hanya perihal besaran gaji namun juga pengalaman atau ilmu yang Anda harapkan akan didapatkan saat bekerja pada posisi tertentu di perusahaan tersebut. 

Pertanyaan seputar pekerjaan

Setelah mengenal lebih dalam tentang diri Anda, selanjutnya HRD akan bertanya seputar pekerjaan yang meliputi:

1. Kenapa kamu melamar posisi ini?

Manajemen perlu tahu alasan mengapa Anda memilih untuk melamar pada posisi tersebut. Ini mungkin akan menunjukkan seberapa kuat dan tertariknya Anda dengan posisi yang ditawarkan. Cobalah untuk menjawab sesuai dengan alasan Anda mengapa memilih posisi yang ditawarkan.

 

Jika berdasarkan pengalaman kerja, jelaskan apa saja pengalaman kerja yang Anda miliki dan sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan pada posisi itu. Kemudian jika alasan melamar karena ingin mendapatkan pengalaman baru, maka berikan jawaban yang menunjukkan tentang keahlian apa yang Anda punya dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

2. Coba ceritakan tentang pengalaman kerja yang kamu miliki

Ini bisa menjadi pertanyaan kunci ketika HRD melakukan sesi wawancara. Jelaskan serinci mungkin apa saja pengalaman yang Anda miliki dan bagaimana Anda menjalani peran dalam perusahaan tersebut. 

 

Cobalah untuk secara sistematis menjelaskan pengalaman kerja yang dimiliki.Dimulai dari tahun kerja, nama perusahaan , posisi atau jabatan hingga tugas apa saja yang pernah Anda kerjakan dan bagaimana hasil atau pencapaian selama Anda bekerja di posisi tersebut. 

3. Berapa ekspektasi gaji yang kamu inginkan?

Untuk menjawab pertanyaan ini, Anda dapat melakukan penelusuran terlebih dahulu dengan membandingkan berapa standar gaji untuk posisi yang dilamar dengan rata-rata gaji dari setiap perusahaan. 

 

Jangan ragu untuk memberikan ekspektasi gaji yang tinggi bila memang sesuai dengan kualifikasi dan kemampuan Anda. Jika perusahaan meminta untuk bernegosiasi terkait pemberian gaji, Anda bisa menimbang kelebihan dan kekurangannya dengan menanyakan benefit lain yang bisa didapatkan seperti uang transport, jaminan kesehatan, bonus dan lainnya.

4. Apa saja yang kamu tahu tentang perusahaan ini?

Pertanyaan interview kerja lainnya yang tak kalah populer adalah seberapa dalam pengetahuan kandidat pada posisi atau perusahaan tempat ia melamar kerja. Ya, sebaiknya sebelum wawancara, Anda sudah melakukan penelusuran terlebih dahulu tentang perusahaan tempat Anda melamar tersebut. Pahami latar belakang bisnisnya, apa saja produk yang dimilikinya sehingga mengenai ekspansinya di dunia bisnis. Dengan melakukan penelusuran terlebih dahulu, Anda bisa dengan mudah menjawab pertanyaan ini bila diajukan oleh HRD.

Pertanyaan seputar posisi yang kamu lamar

Selebihnya, HRD mungkin akan menanyakan pertanyaan interview kerja seputar posisi yang kamu lamar. Jika berkaitan dengan penulisan atau media sosial, recruiter mungkin akan bertanya seputar portfolio atau contoh penulisan dan karya yang Anda miliki. 

 

Kemudian ketika pekerjaan berhubungan dengan engineer, maka software atau aplikasi yang biasa digunakan akan menjadi pertanyaan yang tak terlewatkan. Semakin tinggi jabatan atau posisi yang  dilamar maka kemungkinan pertanyaan terkait teknikal seperti itu akan lebih banyak ditanyakan pada kandidat yang melamar.

 

Nah, beberapa contoh pertanyaan seputar posisi yang dilamar dapat meliputi:

  1. Pertanyaan seputar software apa saja yang kamu kuasai

2 Pertanyaan seputar seberapa ahli kamu dalam bidang tertentu

  1. Pertanyaan Apakah kamu siap jika ditempatkan di daerah yang berbeda
  2. Pertanyaan seputar bagaimana kamu menyelesaikan sebuah tugas
  3. Pertanyaan seputar rekan kerja


Nah, jika Anda ingin sukses menjalani wawancara, yuk simak berbagai artikel tips karir di sini. Jangan lupa kunjungi situs NU Career untuk membantu mengembangkan karirmu, ya!