KANDIDAT PERUSAHAAN

Ini Cara Memulai Bisnis Online yang Sukses, Hanya 7 Langkah

24 Maret 2021 20:03 514 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Cara memulai bisnis online - Memulai bisnis online sejatinya memang tidak semudah perkiraan banyak orang. Meski tampak memiliki jangkauan pasar yang luas karena dipasarkan secara global, bisnis online rupanya memiliki tantangan tersendiri.

Namun, banyak dari orang sukses dalam memulai bisnis secara daring yang memiliki metode atau serangkaian proses yang hampir sejenis. Cara memulai bisnis online ini pun bisa diikuti untuk memulai bisnis kecil Anda.

Penasaran? Dikutip dari berbagai sumber, berikut ulasan selengkapnya.

Cara memulai bisnis online

1. Mulailah dari bisnis yang memenuhi kebutuhan

Langkah pertama yang paling efektif untuk memulai bisnis online adalah mengunjungi pasar atau pusat di mana banyak target audience Anda mencari solusi dari yang mereka inginkan.

Kunjungi forum online untuk menemukan apa yang konsumen Anda cari. Temukan kata kunci yang tepat untuk kebutuhan mereka kemudian analisis kata kunci tersebut dari kompetitor.

Coba kunjungi salah satu kompetitor tertentu yang relevan dengan bisnis Anda, kemudian catat apa saja yang mereka lakukan untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Anda kemudian bisa mulai mencari ide atau konsep bisnis dengan melihat dari kebutuhan konsumen dan strategi kompetitif.

2. Buat strategi atau konsep yang menjual

Setelah mengamati kompetitor, Anda bisa mulai membuat salinan strategi yang lebih menjual. Catat apa saja kelebihan kompetitor yang membawa banyak pelanggan ke bisnis mereka kemudian terapkan dengan lebih menjual di bisnis Anda.

Bangun citra merek yang baik dengan selalu melampirkan testimoni atau peringkat dari konsumen sebelumnya. Dalam menyusun strategi, fokus pada fungsi dari produk yang bisa memecahkan masalah pelanggan atau memenuhi kebutuhan mereka.

3. Rancang dan bangun situs Anda sendiri

Setelah menemukan target konsumen dan strategi penjualan, langkah selanjutnya adalah mulai merancang dan membangun situs web. Ini menjadi inti bisnis paling utama dalam cara memulai bisnis online.

Dalam membangun situs sendiri, berikut tips yang bisa Anda ikuti:

  • Pilih satu atau dua font biasa dengan latar belakang putih.
  • Buat navigasi Anda jelas dan sederhana dan sama di setiap halaman.
  • Hanya gunakan grafik, audio atau video jika mereka meningkatkan pesan Anda
  • Sertakan penawaran opt-in sehingga Anda dapat mengumpulkan alamat email
  • Permudah pembelian dengan tidak lebih dari dua klik antara calon pelanggan dan pembayaran.
  • Situs web Anda adalah etalase online Anda, jadi buatlah seramah dan semudah mungkin untuk diakses

4. Gunakan berbagai tools untuk meningkatkan kinerja produk dalam mesin pencari

Memasang iklan di mesin pencari seperti Google dapat menjadi langkah efektif untuk mendapatkan hasil penjualan dalam waktu singkat. Namun, Anda juga bisa memanfaatkan teknik search engine optimisation (SEO) untuk mendatangkan traffic secara organik tanpa harus membayar lebih untuk iklan. 

Untuk mengkombinasikan keduanya, Anda perlu tools atau perangkat yang mendukung seperti Google Search Console, Google Ads, hingga Google Analytics.

5. Bangun citra merek atau reputasi

Pelanggan akan menggunakan internet untuk mencari informasi. Untuk itu, berikan informasi yang lengkap dan menjawab segala kebutuhan konsumen agar bisa mendatangkan traffic dan profit. 

Berikan video, artikel, gambar dan konten yang bermanfaat. Sertakan tautan untuk kirim, like, atau komentar untuk menambah interaksi konsumen dalam website. 

6. Gunakan kekuatan email untuk melakukan pemasaran

Cobalah untuk membangun interaksi berkelanjutan yang bisa mengubah peluang pengunjung menjadi pembeli dengan memanfaatkan email. Ketika pengunjung mengakses situs dan memasukan alamat email mereka, itu tandanya pelanggan membutuhkan informasi lebih dari produk Anda. 

Untuk itu, jangan buang kesempatan ini dan manfaatkan dengan mengirim informasi produk maupun promo yang menarik konsumen untuk membeli produk.

7. Tingkatkan penghasilan melalui penjualan dan back-end dan upselling

Salah satu strategi pemasaran Internet yang paling penting adalah mengembangkan nilai seumur hidup setiap pelanggan. Jika Anda mengambil tindakan terhadap mereka, setidaknya 36% dari mereka akan membeli produk dari Anda lagi. 

Sejauh ini, menyelesaikan transaksi pertama adalah bagian tersulit. Oleh karena itu, gunakan penjualan backend dan upsell untuk membuat mereka membeli lagi dengan cara:

  • Sediakan produk yang melengkapi pembelian asli.
  • Kirimi mereka kupon e-member dan mereka dapat menebusnya pada kunjungan berikutnya.
  • Setelah membeli, berikan produk terkait di halaman "terima kasih".

 

Hadiahi pelanggan atas kesetiaan mereka dan mereka akan menjadi lebih loyal.


Selain bisnis, temukan tips karir lainnya dari NU Career. Jangan lupa kunjungi situs resmi NU Career di https://www.nucareer.id/ untuk mencari beragam lowongan pekerjaan terbaik.

Komentar