KANDIDAT PERUSAHAAN

Pelajaran Berharga dari Tahun 2020 untuk Karir yang Lebih Cerah

24 Maret 2021 20:03 6955 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 1 KALI DIBAGIKAN

Dibalik efek pandemi yang menghantam berbagai sektor terdapat banyak pelajaran yang bisa kita petik untuk menjadi pribadi yang lebih baik kedepannya. Kita masih harus melanjutkan hidup di tengah kondisi pandemi covid-19 yang belum pasti kapan berakhir, termasuk perkara karir yang tentu memerlukan usaha lebih untuk bisa dijalani.

 

Berkarir di situasi yang penuh tantangan seperti sekarang bukanlah sebuah hal yang mudah. Seorang pengusaha perlu menerjang badai krisis yang menurunkan penjualan produknya, seorang pekerja harus kehilangan jabatannya di perusahaan yang bangkrut akibat tidak kuat menanggung biaya operasional.

 

Masing-masing dari kita merasakan kesulitan akibat pandemi, sadar atau tidak kita sebenarnya bisa melewati kesulitan itu dan bertahan sampai sekarang. Di penghujung tahun 2020, harapan besar muncul, untuk menata kehidupan yang lebih cerah di tahun 2021, termasuk mempersiapkan karir. Berikut beberapa pelajaran berharga yang bisa kita petik di tahun 2020 untuk mencapai karir yang lebih cerah di tahun depan.

 

Beradaptasi di kondisi yang sulit

Kemampuan beradaptasi jadi kunci seseorang untuk menghadapi berbagai kondisi. Kondisi pandemi memaksa kita untuk melakukan banyak aktivitas di dalam rumah. Memaksimalkan penggunaan teknologi digital untuk belajar, bekerja, berbisnis, sampai bertransaksi.

 

Awalnya mungkin sulit bagi kita untuk memulai kebiasaan baru, tapi seiring waktu kita belajar melakukan berbagai aktivitas dengan cara yang baru. Seorang guru yang harus belajar memaksimalkan penggunaan komputer dalam proses belajar mengajar sampai seorang pelaku usaha yang harus beralih ke model bisnis digital untuk tetap menjangkau pasar. Perubahan ini membawa kita untuk menyesuaikan diri, berinovasi, dan menjadikan kita pribadi yang lebih tangguh dalam kondisi sulit sekalipun.

 

Manajemen waktu dan keuangan

Disaat kita dihimbau untuk di rumah aja, kita jadi punya banyak waktu untuk berkumpul dengan keluarga. Harus bisa mengatur waktu sendiri terkait tugas sekolah, kuliah, pekerjaan karena tanpa pengawasan orang lain kita harus bisa menyelesaikan semuanya.

 

Kondisi yang serba nggak pasti juga mendorong kita untuk lebih bijak mengatur keuangan. Menekan pengeluaran untuk hal-hal yang nggak terduga seperti sakit atau kehilangan pekerjaan. Tahun 2020 seharusnya bisa membawa kita menjadi pribadi yang lebih tertata dalam hal waktu dan keuangan supaya di tahun 2021 nanti kita bisa menyusun perencanaan yang matang untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

 

Kesadaran tinggi akan kesehatan

Sejak kemunculan virus covid-19 di Indonesia, semua orang mulai lebih sadar akan pentingnya menjaga kesehatan diri dan keluarga. Olahraga jadi rutinitas baru yang dilakukan setiap hari demi menjaga daya tahan tubuh dan mengurangi resiko terpapar virus. Bersepeda bahkan menjadi tren baru yang banyak diikuti semua kalangan.

 

Selain skill dan pengalaman kerja, kesehatan juga penting untuk sukses menjalani karir. Kalau tubuh kita sakit, bagaimana bisa kerja maksimal?

 

Memperkaya kemampuan diri

Berbagai platform belajar online muncul di tahun 2020, mulai dari yang gratis sampai berbayar. Kamu yang nggak ketinggalan webinar dan pelatihan online adalah orang-orang yang siap menyusun karir lebih cerah di masa depan.

 

Bekal kemampuan dan kompetensi bisa kamu dapatkan dengan memanfaatkan pelatihan online. Mengingat persaingan kerja dan bisnis yang tinggi, kita wajib memperkaya pengetahuan dan keterampilan agar bisa menjadi yang terbaik. 

 

Biar lebih siap menatap tahun 2021, kamu bisa mulai mengikuti pelatihan online sesuai minat dan fokusmu di TopEdu. Berbagai kategori pelatihan ada untuk mengasah kompetensimu di era digital saat ini.

 

Itu tadi beberapa pelajaran berharga yang bisa kamu ambil dari tahun 2020. Masih bingung soal passion kamu? TopKarir bisa bantu menggali potensi terpendammu lewat Tes Minat & Bakat. Kenali bakatmu dan rencanakan karir impianmu sekarang!

Komentar