KANDIDAT PERUSAHAAN

Side Job? Pikirkan Dulu 5 Hal Ini!

24 Maret 2021 20:03 841 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Pernahkah sahabat TopKarir terpikir untuk memiliki side job? 2 alasan utama orang memutuskan untuk mengambil side job adalah untuk menambah penghasilan dan untuk mengembangkan karir atau hobi. Kamu ada di sisi yang mana nih? Apapun pilihan kamu, pastikan kamu memperhatikan 5 hal berikut sebelum mengambil tawaran side job:

 

1.   Transparan

Yang pertama kali harus dilakukan sebelum mengambil kerja sambilan adalah memastikan jika hal tersebut tidak menyalahi aturan. Jika kamu ingin mengambil tawaran di perusahaan lain, pastikan bila kantor kamu memperbolehkan. Dilansir My Domaine, kamu perlu perhatikan kembali kontrak kerja sebelum terima tawaran. Kemudian bicarakan pula hal ini dengan manajer dan rekan satu tim. Pastikan pula jika mereka tidak keberatan dan tugas kamu tidak akan terbengkalai karenanya. Lalu diskusikan mengenai jadwal kerja dengan kedua belah pihak.

 

2. Ketahui Pasar

Ketahui pula kondisi pasar atau industri tempat kamu bekerja. Sebelum menekuni pekerjaan sambilan, kamu bisa bertanya pada orang-orang yang sudah lama berkecimpung di bidang itu, salah satunya mengenai gaji. Jika usaha dengan uang yang dihasilkan tidak sebanding, kamu masih belum terlambat untuk mundur.

Namun jangan pula menjadikan hal itu sebagai penghalang kamu untuk mengambil pekerjaan kedua. Apalagi jika kerja sambilan itu berbentuk bisnis di mana kamu perlu mencoba untuk mengembangkan ilmu dan pengalaman.

 

3. Buat Rencana Kerja

Banyak orang ragu untuk mengambil kerja sambilan karena takut tidak bisa membagi waktu. Untuk itu, buatlah penjadwalan yang matang sebelum menerima tawaran pekerjaan kedua. Setelah dibuat, terapkan rencana tersebut dengan baik lalu lakukan evaluasi di akhir bulan. Jika perlu, manfaatkan aplikasi pengatur jadwal di ponsel kamu agar tidak ada tugas yang terbengkalai.

 

4. Perluas Jaringan

Mulailah berusaha untuk memperluas jaringan pertemanan. Pastikan bila banyak orang mengetahui kemampuan kamu dan kebersediaan kamu untuk punya beberapa pekerjaan. Buat mereka percaya pada kamu, salah satunya adalah dengan berpenampilan menarik sesuai dengan industri kerja. Perhatikan pula bagaimana kamu membawa diri. Kemudian benahi jejaring sosial profesional kamu agar lebih mudah ditemukan oleh perekrut.

 

5. Kartu Nama

Salah satu tips simpel untuk memperluas karir adalah selalu menyediakan kartu nama. Bagikan kartu nama itu terutama ketika kamu tengah menghadiri acara dengan banyak calon klien atau perekrut. Jika bisa, jangan mengandalkan kartu nama dari perusahaan tempat kamu bekerja. Kamu bisa membuatnya sendiri dengan huruf dan keterangan yang lebih sesuai industri pekerjaan sampingan.

 

Bagaimana Sahabat TopKarir? Cukup membuka mata kamu kan? Selalu ingat 5 hal di atas agar pekerjaan utama dan side job kamu tidak saling mengganggu. Selamat mencoba!

 

Sumber: wolipop.detik.com 
Komentar