KANDIDAT PERUSAHAAN

Tips Sukses Kerja Freelance Bagi Pemula

24 Maret 2021 20:03 1662 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Bekerja freelance memang gampang-gampang susah. Terlepas dari fleksibilitas waktu dan konsep mobil working yang ditawarkan, kerja freelance tentunya memiliki tantangan tersendiri.

 

Karena tidak terikat oleh aturan kantor yang ketat, seorang freelance sudah pasti akan bekerja mandiri. Untuk itu, ia harus bertanggung jawab dengan proyek yang telah diambil dan pintar mengatur waktu.

Belum lagi jumlah proyek yang tidak menentu membuat pemasukan pun ikut pasang surut. Karena alasan ini pula, masih banyak orang yang ragu menjadi freelance lantaran takut masa depannya tidak akan terjamin.

 

Namun, hal-hal yang disebutkan di atas hanyalah sebagian kecil dibanding dengan banyaknya keuntungan-keuntungan yang bisa diperoleh dari menjadi freelance. Terbukti, banyak freelancer yang berhasil meraup pendapatan tinggi hanya dengan menjadi pekerja lepas.

Tips Menjadi Freelance Sukses

Untuk mencapai kesuksesan bagi seorang freelance khususnya tidak semudah membalikkan telapak tangan. Ada proses dan syarat-syarat yang harus dipenuhi agar bisa menjadi seorang freelance sukses.

1. Mengetahui Keahlian dan Minat

Syarat paling utama untuk menjadi seorang freelancer sukses adalah mengenal minat, keahlian dan kemampuan dirimu sendiri. Dari situ kamu baru akan bisa memutuskan bidang pekerjaan apa yang cocok dengan minat dan keahlianmu.

 

Bekerja sesuai minat dan keahlian tentunya akan terasa lebih mudah dan menyenangkan seperti  Contohnya, jika  menyukai dunia tulis menulis, kamu bisa bekerja sebagai freelance content writer.

 

2. Siapkan Mental

Tidak hanya keterampilan, seorang freelancer juga wajib memiliki mental yang kuat. Bekerja secara mandiri bagi sebagian orang tidaklah mudah.

 

Seorang freelance harus pintar mencari peluang dan klien karena pemasukannya bergantung pada banyaknya proyek yang dipegang. Mereka pun harus menanggung beban seorang diri ketika terjadi kesalahan dalam pekerjaannya.

3. Disiplin Waktu

Penentu kesuksesan seorang freelancer adalah dirinya sendiri. Karena tidak ada atasan yang mengarahkan, freelancer harus pandai mengatur dan membagi waktu.

 

Pekerja freelance memang memiliki keleluasaan soal waktu. Tapi jangan salah, kebebasan itu justru bisa jadi bumerang jika tidak pandai mengatur waktu untuk mengerjakan pekerjaan.

 

Bukan hanya pekerjaanmu tidak selesai, kepercayaan klien padamu pun akan berkurang. Untuk itu, tentukan waktu bekerjamu dengan baik dan jangan menunda pekerjaan.

 

4. Bangun Jaringan Luas

Selain keterampilan dan mental, modal lain yang harus dimiliki seorang freelancer yakni jaringan yang luas. Di era digital seperti sekarang ini, menjalin koneksi dengan klien sudah semakin mudah.

 

Namun, pertama-tama kamu harus membangun personal branding atau pemasaran diri. Kamu bisa memanfaatkan media sosial seperti facebook, Instagram, Twitter, YouTube bahkan TikTok untuk memamerkan hasil karyamu.

 

Cara ini bisa membuatmu dilirik klien yang tertarik dengan karyamu. Semakin luas jaringan, tentu kian mudah bagi seorang freelancer untuk mendapatkan tawaran proyek pekerjaan.

5. Atur Keuangan

Tips jadi freelance sukses yang tidak kalah penting yaitu pandai mengelola keuangan. Ingat bahwa pekerjaan freelance tidak memiliki penghasilan dengan jumlah tetap setiap bulannya.

 

Bahkan ada beberapa klien yang melakukan pembayaran lewat dari tenggat waktu. Pikirkan juga kemungkinan terburuk yang akan terjadi misalnya tidak memiliki pemasukan selama 1-2 bulan karena tidak ada proyek.

 

Untuk itu, penting bagi seorang freelancer mengelola keuangannya dengan baik. Catat pengeluaran rata-rata per bulan, sisihkan sebagian gaji untuk ditabung atau alokasikan untuk investasi. 

 

Jangan mengeluarkan uang untuk hal-hal yang tidak perlu. Usahakan tidak mengambil cicilan jika tidak ingin terlilit utang di kemudian hari saat proyek sedang sepi.


Nah, itulah beberapa tips sukses menjadi freelance. Masih banyak artikel tips karir di sini. Jangan lupa kunjungi situs Topkarir atau download aplikasinya sekarang untuk menemukan pekerjaan impianmu.

Komentar