Trik Atasi Kelelahan di Kantor.
Trik Atasi Kelelahan di Kantor. | TopKarir.com

Saat jenuh dengan pekerjaan yang menumpuk di kantor, wajar jika kemudian muncul rasa kantuk dan lelah. Agar tak memengaruhi kinerja, yuk simak 5 tips mengatasi rasa lelah saat sedang bekerja:

 

1.  Minum air putih

Sebuah studi menemukan bahwa salah satu efek samping dari dehidrasi adalah kelelahan. Jika suatu saat tubuh terasa lelah dan tak bugar, cobalah minum segelas air putih. Bisa jadi penyebab Anda kelelahan dan mengantuk adalah karena haus. Jika masih terasa mengantuk, tak ada salahnya Anda membuat secangkir kopi.

 

2.  Jalan-jalan

Terlalu lama duduk dan memandangi bertumpuk kertas serta layar komputer tak dapat dipungkiri tentu akan membuat Anda cepat mengantuk. Untuk mengatasinya, cobalah sedikit berjalan-jalan. Hal ini akan membantu memompa adrenalin, serta melepaskan endorfin yang akan membuat tubuh terasa lebih berenergi.

Biasakan diri untuk makan di luar kantor, dengan begitu di jam istirahat Anda memiliki waktu rutin untuk 'mengisi' kembali rasa lelah di tubuh. Anda juga akan merasa lebih segar dengan menghirup udara luar. Jika memang kondisi di kantor tak memungkinkan untuk Anda melakukan hal tersebut, akali dengan berjalan-jalan ke meja rekan untuk sekadar berbincang atau makan bersama.

 

3.  Latihan napas

Sedang mengantuk malah 'terjebak' dalam pertemuan penting? Cobalah atasi dengan melakukan latihan napas dalam. Tarik napas dalam dan buang secara perlahan. Teknik ini hampir tak terlihat perbedaannya dengan napas biasa, sehingga rekan kerja Anda pun mungkin tak akan menyadari bahwa Anda sedang mengatasi rasa kantuk yang tengah melanda.

Meskipun terdengar sederhana, tapi latihan pernapasan ini akan membantu memenuhi kadar oksigen pada tubuh, sehingga akan mengurangi rasa kantuk yang Anda rasakan.

 

4.  Mendengarkan music

Setiap orang umumnya memiliki sebuah lagu favorit yang dapat membangkitkan energi dan bersemangat. Saat tubuh mulai terasa lelah dan mengantuk, lepaskan pandangan dari tumpukan pekerjaan sejenak dan dengarkan lagu-lagu favorit Anda. Ini akan membangun energi positif dalam tubuh, baik secara fisik maupun mental.

 

5.  Kunyah es batu

Sensasi dingin yang ditimbulkan dari mengunyah es batu akan memicu sistem indra pada tubuh Anda dan membuat tubuh 'melupakan' rasa kantuk. Ini adalah salah satu trik sederhana yang dapat Anda lakukan ketika rasa kantuk muncul dan Anda perlu cepat-cepat kembali fokus.

 

Lakukan 5 tips berikut saat kamu merasa lelah ya, Sobat TopKarir. Dijamin, kamu bisa tetap fokus selama jam kerja. Atau, jangan-jangan kamu punya trik yang lain, agar bisa mengatas lelah di kantor? Yuk, share disini!

 
Sumber: http://health.detik.com/read/2015/07/07/135658/2962525/763/kunyah-es-batu-dan-latihan-napas-5-trik-atasi-kelelahan-di-kantor